Sang Anganggé:Angayubagia/Sewalapatra 3

Halo semeton,

Saya terkagum2 jika tidak mengatakan terkaget2 ketika mengetahui Wikipedia Basa Bali telah tembus 8,1 juta kunjungan dengan rata2 kunjungan per harinya mencapai 12.500 lebih. Bagaimana tidak, dua warsa lalu ensiklopedi ini bahkan tidak ada. Sekarang, total artikelnya saja mencapai 8.440 dengan lebih dari 19.000 halaman 3.200 lebih pengguna terdaftar, dan 30 orang diantaranya aktif tiap bulan menyunting, (Per 1 Agustus 2021, lihat saja Statistik dan laporan berikut

Ini adalah pencapaian yang sungguh luar biasa, mesmerizing. Hanya dalam dua warsa, Wikipedia Basa Bali menjadi situs terbesar berbahasa Bali di jagat digital. Tidak berhenti disana, rekan2 komunitas juga turut mengembangkan ide2 segar hingga dua situs berbahasa Bali lainnya yang terus menerus dikembangkan lahir. Sebut saja WikiPustaka (Perpustakaan lontar digital basa Bali terbesar) yang lahir tanggal 25 Juli 2021 dan WikiKruna (Kamus bebas bahasa Bali yg diharapkan tidak hanya mencatat ragam formal/baku bahasa Bali tapi juga semua dialeknya yg kaya, secara bebas dan gratis yang sekarang masih dalam tahap ujicoba di situs inkubator). WikiKruna juga bekerjasama dengan Lingua Libre, kamus suara digital bebas dari Wikimedia Prancis sehingga kamus tidak hanya dalam format tulisan tapi juga dapat diakses dalam format suara.

Ide ide segar lainnya terus bermunculan di diskusi2 hebat anak2 muda ini. Beberapa bahkan sudah membuahkan hasil dan karya2 besarnya. Sebut saja proyékwiki seperti WikiSanganan dan WikiLontar. WikiSanganan, proyék katalog jajanan tradisional Bali yang meliputi 50 foto dan artikel sudah digunakan media2 besar secara bebas. WikiLontar, katalog digital lontar2 di Bali juga membuat banyak peneliti memiliki ketertarikan yang sama.

Proyek2 Wiki ini tidak hanya membantu komunitas mengenal lebih baik indik Bali dan budayanya yg kaya tetapi juga berhasil menginventarisasi kekayaan budayanya dalam format baru yg ensiklopedis, dinamis dan universal. Generasi "Arus Balik" ini sebenarnya memberikan lebih banyak cerita yang tidak terlukiskan disini. Memperkaya dan memperdalam makna menjadi "Bali" dengan taksunya.

Sekarang, mari giliranmu mencetak sejarah bersama!

Salam, 1 Agustus 2021 Joseagush