Sang Anganggé:Angayubagia/Sewalapatra 2

Halo teman-teman,

Ini adalah surat terbuka kedua saya untuk Komunitas Wikimedia Denpasar.

Wikipedia Basa Bali (seharusnya Wikipedia Bali) sudah tembus 3 juta kunjungan dengan rata2 kunjungan per harinya mencapai 10.200 lebih. Total artikelnya mencapai 3.311 dengan lebih dari 7.484 halaman lainnya, 1.500 lebih pengguna terdaftar, dan 25 orang diantaranya aktif tiap bulan menyunting, (Per 1 Agustus 2020, https://ban.wikipedia.org/wiki/Kusus:Statistik )

Ini, bagi saya pribadi, adalah suatu pencapaian yang sungguh luar biasa. Ada rasa bangga dan terharu rasanya mengingat masa2 perjuangan membangun wikipedia ini dari baru hanya inkubator dengan tidak lebih dari 100 artikel di bulan April 2019. Saya teringat betul, dulu begitu sulitnya menterjemahkan bahasa2 yang asing dlm basa Bali seperti username, redirect, template, module, password, upload, download, dll. Mengajarkan hal2 teknis bahasa wiki dan proyék yang dibuat dengan swadaya dan swakelola ini.

Saya jadi tidak merasa sendirian. Awalnya saya ragu untuk ikut dalam misi ini. Karena sudah selama 14 warsa, dari warsa 2006, sejak proposal pertama di layangkan, Wikipedia ini sepi peminat bahkan tidak ada yang mengetahui bahwa proyék ini ada. Sedangkan saya sendiri bahkan bahasa Bali pun tidak begitu mahir karena besar dan lahir dalam bahasa Indonésia, hanya ikut numpang lahir dan besar disini.

Kita juga telah menempati posisi ke-209 dari 310 bahasa di dunia yang memiliki Wikipedia. Kita juga menjadi satu-satunya, ensiklopedi digital, bahkan juga non-digital (?), pertama yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa pengantarnya.

Terima kasih saya layangkan ke rekan2 yang terus menerus berjuang membebaskan pengetahuan dalam bahasanya sendiri. Bahasa ibunya, bahasa yang membuat budayanya begitu kaya. Suatu kebanggaan bagi saya menjadi salah satu kontributor dalam proyék bersama ini. Suatu kebanggaan menjadi salah satu bagian dari misi yang mengagumkan.

Ada banyak rekan2 yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, yang dengan caranya, sedikit tidak telah membantu usaha bersama ini. Semoga ke depannya orang Bali sendiri semakin bangga menggunakan bahasanya.

Salam, 1 Agustus 2020 Joseagush

Sumber uah