Sang Anganggé:Angayubagia/Sewalapatra 1

Halo teman-teman,

Ini adalah surat terbuka saya untuk Komunitas Wikimedia Denpasar.

Tidak terasa Wikipedia Basa Bali sudah hadir selama hampir sewarsa, tujuh bulan tepatnya sejak pertama kali dirilis per tanggal 14 Oktober 2019, saat ini Wikipedia Basa Bali sudah menempati urutan ke 220 dari 299 Wikipedia berbagai bahasa yang ada di dunia. (https://meta.wikimedia.org/wiki/List_of_Wikipedias)

Jumlah kunjungannya pada hari ini pun sudah mencapai rekor baru dengan lebih dari 2 juta kali kunjungan. Sungguh suatu prestasi dan kebanggaan tersendiri dapat terus berkontribusi positif dalam perkembangan bahasa Bali di dunia digital, dan dunia Wikipedia khususnya. Apalagi jika dilihat dari negara para pengunjung sebagian besar justru bukan dari Indonésia, terbesar dari Amérika Serikat dan Jerman. (https://tools.wmflabs.org/siteviews/?platform=all-access&source=pageviews&agent=all-agents&start=2019-10-14&end=2020-05-19&sites=ban.wikipedia.org)

Selama itu pula, kita mendapat banyak apresiasi dari rekan2 wikipediawan lainnya, antara lain mendapat undangan dalam WikiNusantara 2019 dan WikiNusantara 2020 (yang sayangnya ditiadakan karena imbas pandemi Korona). Mendapat bantuan dan dukungan untuk membentuk komunitas bersama di Denpasar, Bali. Serta berkontribusi aktif dalam berbagai misi ke depannya.

WikiSource Basa Bali pun sudah memasuki fase final penjajakan dari komite dan akan diumumkan per tanggal 29 Méi 2020. (https://meta.wikimedia.org/wiki/Grants_talk:Project/PanLex/Balinese_palm-leaf_transcription_platform_on_Wikisource#Aggregated_feedback_from_the_committee_for_Balinese_palm-leaf_transcription_platform_on_Wikisource)

Saya berharap, kontribusi ini terus berlangsung terus sehingga Basa Bali tidak hanya mendapat tempat yang cukup signifikan di ranah digital secara umum tetapi juga dapat memiliki keterwakilan di yayasan Wikimedia atau Wikipedia secara khusus nantinya.

Saya akui, saya sendiri belum fasih dalam bahasa Bali. Bahkan baru belajar bahasa Bali alus ketika memulai proyék ini bersama2 rekan. Saya tersentuh dengan tekad teman2 untuk terus berupaya mémélihara Basa Bali dalam ranah digital dengan mengedépankan tingkatan basa alus dan madya, bukannya basa andap/kapara/sor. Bahkan telah mencipta "kruna2 anyar" dalam ranah basa Bali yang secara khusus dipergunakan di Wikipedia ini.

Apakah wiki ini platform yang sempurna? jelas tidak, justru karena ketidaksempurnaannya ia dapat belajar terus menerus mencapai kesempurnaannya sendiri. Ia seperti bayi yang baru lahir dan belajar serta berproses. Proses ini berjalan pelan2 dan panjang. Waktu dan rekan2 sekalianlah yang akan menjawabnya, mau dibawa kemana platform ini. Sama, seperti saya sendiri yg masih berusaha untuk tetap belajar indik basa Bali dan juga aksaranya.

Yang jelas, platform ini harus menjadi platform yang ramah untuk semua. Baik pengguna baru yg belajar bahasa Bali juga sampai para ahli bahasa atau ahli2 lain dibidangnya. Ruang2 komunitas harus terus menerus ditumbuhkembangkan bersama. Bahkan untuk mereka yang baru belajar bahasa Bali atau teknis penulisan di wikipedia sendiri kita tuntun bersama. Sapa lah anggota2 baru, dukung mereka, jangan biarkan mereka merasa sendirian.

Saya mengerti akan dualisme yang terjadi di tengah2 adanya platform lain yang berbasis sama. Justru ini menjadi ajang bersama untuk saling memperkuat bahasa Bali dalam ranah digital. Suatu dunia yang jika dilihat, masih miskin "daging/indik basa Bali".

Harapannya, basa Bali tidak hanya ada dan berhenti di platform wikipedia ini, Wikipedia juga menjadi jembatan dalam membangun dan menggugah rekan2 sekalian mengembangkan platform2 lain nantinya di masa depan.

Salam, Joseagush